√ 8 Langkah Mudah Mengatasi RAM Usable di Windows

√ 8 Langkah Mudah Mengatasi RAM Usable di Windows

Kasihcara – Kali ini saya mau berbagi tutorial mengenai masalah RAM usable pada windows, lebih sederhananya yaitu ada perbedaan tentang total memori fisik (RAM) yang usable dengan dengan total RAM yang terpasang di perangkat komputer. Biasanya masalah ini sering terjadi pada sistem operasi windows 32 bit, tetapi faktanya masalah ini juga terjadi  dengan saya yang menggunakan windows 7 64 bit, dan tutorial yang saya berikan berlaku untuk OS windows 7, 8, dan 10. Langkahnya sama, hanya berbeda sedikit tampilan saja, so..simak penjelasanya dengan seksama ya guys,.

Contoh kasusnya adalah seperti laptop punya saya, yang masih setia untuk selalu menemani saya hampir genap 5 tahun, berbeda dengan ….ahhh sudahlah..

oke jadi langsung ke pokok permasalahannya, jadi laptop saya yaitu Lenovo Intel Core i3-3110M, 2GB DDR3, 500GB HDD. Lalu saya upgrade RAM dengan menambahkan 4 GB, jadi total RAM harusnya 6 GB dong, iya kan..

Dari awalnya yang aman-aman saja, lalu tiba-tiba saat itu serasa ada yang berubah dari Dia yaitu tiba-tiba ngambek ( lelet, lemot, lag, berat untuk multitasking). Lalu saya cek di Windows Task Manager (CRTL+SHIFT+Esc) untuk penggunaan CPU masih normal di bawah 15%, tetapi memori fisiknya diatas 80% itupun hanya sekedar membuka Windows Explorer dan Chrome dengan beberapa tab yang sedang berjalan. Kemudian saya cek propertis komputer, terkejut dan terheran-heranlah saya ketika menjumpai RAM usable hanya 2 GB dari total 6 GB RAM yang tersedia. Dari sini yuk langsung aja simak tutorialnya berikut ini :

1. Cek properties komputer

Buka Windows Explorer – Klik kanan – Pilih Propertis , maka akan muncul jendela spesifikasi system.

Mengatasi Usable RAM Windows

2. Masuk Jendela Run

Caranya seperti digambar atau bisa juga Klik Start – ketik Run – Enter, maka muncul jendela Run.

Lalu kalian ketikan msconfig di dalam kotak perintah lalu tekan enter, tunggu beberapa saat!

Mengatasi Usable RAM Windows

3. Jendela Konfigurasi

Setelah muncul jendela konfigurasi, secara default berada di menu General.

Mengatasi Usable RAM Windows

4. Masuk Menu Boot

Pilih menu Boot lalu klik Advance option !

Mengatasi Usable RAM Windows

5. Konfigurasi Boot

Ceklis pada maximum memori, Lalu ubah sesuai total memori yang ada di perangkat. Di sini kita sedikit mengeluarkan kemampuan berhitung, intinya kita masukan total RAM yang ada di komputer, sebagai catatan masih banyak orang yang  masih salah kaprah menganggap 1GB = 1000 MB, yang benar adalah 1GB = 1024 MB. Jadi Kita punya RAM saat ini 6 GB, berarti 6 X 1024 = 6144 MB yang akan kita masukan.

#cara ini saya rekomendasikan untuk laptop yang pernah expand atau menambah RAM karena takutnya RAM yang kita expand belum terbaca sebagai RAM total, tapi jika masih sesuai bawaan asli boleh iya boleh tidak karena komputer akan secara default membaca RAM bawaan secara total.

 

Mengatasi Usable RAM Windows

6. Ubah Total Memori (RAM)

Masukan total RAM yang kita hitung tadi pada kotak Maximum memory yaitu 6144 (kalian sesuaikan dengan total RAM komputer kalian masing-masing dengan cara seperti step.ke 5). lalu klik OK – Klik Apply – Klik OK lagi !

Mengatasi Usable RAM Windows

7. Restart Komputer

Pilih Restart untuk melihat perubahan setelah konfigurasi tadi !

Mengatasi Usable RAM Windows

8. Hasilnya

Dari sebelumnya 2 GB yang usable sekarang berubah menjadi 4,85 GB. Berhasil!

#Ada yang nanya : lah tapi kan itu 6 GB kenapa cuma 4,85 GB??? ada selisih 1,15 GB?

#Jawabannya : Selisih 1,15 GB itu digunakan untuk Hardware Reserved (hardware addresses) adalah ruang alamat memori yang disediakan untuk mapping memori hardware dalam sistem komputer. agar setiap hardware yang terhubung ke sistem bisa digunakan oleh OS, untuk kerjasama dengan CPU dalam memproses perintah. Selisih tiap-tiap komputer berbeda-beda tergantung alokasi RAM untuk Hardware Resersed itu sendiri!

 

Mengatasi Usable RAM Windows

Jika ada pertanyanya yang masih mengganjal pemikiran kalian bisa corat coret kolom komentar, see you..

 

3

8 Comments

  1. Punya saya ikuti punya abang tidak berubah juga usablenya. Saya pasang ram tambahan 4 gb sebelumny sudah ada 2 gb. Sebelum nambah ram cuma 1,7 gb usable nya. Pas nambah ram tetap juga segitu usablenya. Saya ikuti cara abang tidak berubah juga. Mohon petunjuk.

    1. 1. Bisa jadi ram.y rusak
      2. bisa jadi slot ram.y atau pin ram.y kotor maka bersihkan dari debu dan bisa pakai penghapus. coba reboot lagi. kalau belum bisa juga lakukan lagi langkah seperti artikel.
      3. Pernah juga saya mengatasi ram usable pake cara ini tidak berhasil, lalu saya instal ulang , kedetect semua ram.y.

  2. Gan kan awalmya dari 2gb saya ganti ke 4 gb ya. Tapi usablenya cuman 2,6gb nah itu 1,4gb nya kemana ya padahal pas masih ram 2gb usablenya 1,9 gb

    1. Kalo 4 Gb jadi 2,6 giga itu dibilang masih normal gan, Selisih 1,3 Giganya mungkin karena agan banyak aplikasi yang berjalan saat Startup secara otomatis dan coba agan cek di Task Manager apa aja aplikasi yang memakan Memory RAM paling banyak. Kalo iya matikan pemakaian secara otomatis,y di pengaturan msconfig.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *