Penyebab Kipas Laptop Kencang dan Berisik serta Solusinya !!!

Penyebab Kipas Laptop Kencang dan Berisik serta Solusinya !!!

Kasihcara.com – Pasti banyak diantara kalian yang punya masalah dengan laptop/PC yang terkadang membuat risih bahkan sering banting-banting laptop (Sultan) mungkin.. karena lemot,panas,berisik?  Tiga permasalahan utama ini sering dijumpai pada kebanyakan laptop mulai dari spesifikasi rakyat jelata sampai yang spesifikasi tingkat Sultan, ya semua balik lagi ke penggunanya dan untuk keperluan apa tentunya?

Pembahasan kali ini menyangkut masalah “berisik”.

Apakah laptop bisa bisa berisik?

jawabannya tentu bisa, Suara laptop berisik biasanya berasal dari kipas, yap! Basically, kipas laptop yang  sehat atau masih normal biasaanya walaupun dipakai untuk buka aplikasi ringan hingga sedang tidak akan terdengar oleh pemakaianya, berbeda dengan suara kipas laptop berisik dan bising yang merupakan pertanda bahwa ada masalah yang sedang terjadi bisa di laptop bahkan biasanya tidak cuma pemakaiannya saja yang mendengar tetapi teman terdekat yang ada di sebelahpun bisa mendengarnya.

Mungkin sebagian orang yang kurang care dengan laptopnya, suara kipas laptop berisik dianggap remeh, karena pada umumnya performa laptopnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, eitss tapi jangan salah jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka akan berdampak buruk pada performa laptop secara keseluruhan.

So, apa saja faktor penyebab kipas laptop berisik dan dampaknya, lalu apa solusinya? Simak penjelasannya berikut ini guys :

Penyebab kipas laptop kencang dan berisik

Penggunaan Aplikasi Berat Bersamaan

Selain memakan banyak memakan RAM, penggunaan aplikasi berat secara bersamaan juga akan mengambil resource CPU besar pula. Aplikasi berat itu misalnya Game dengan spek tinggi atau penggunaan aplikasi desain grafis secara bersamaan. Dengan banyak aplikasi berjalan maka prosessor akan bekerja lebih keras sehingga akan menjadi panas yang kemudian akan membuat kipas laptop berputar lebih kencang untuk membuang panas yang dihasilkan. semakin berat beban prosessor maka kipas laptop akan berputar lebih kencang yang akan menimbulkan suara berisik atau sejenisnya.

Solusinya : Menggunakan software pendingin laptop yang beberapa fungsinya dapat membantu untuk mengatur kecepatan kipas, memantau dan memberikan informasi suhu motherboard , dan monitoring lainnya.

Catatan : Perhatikan kembali kemampuan laptop kita, jangan sampai penambahan software pendingin akan lebih membebani kinerja laptop.

Kipas Laptop Kotor

Kipas yang kotor juga merupakan salah satu penyebab suara berisik , banyak di antara kalian pasti melewatkan untuk membersihkan kipas(fan) laptop. Bertahun-tahun kalian menggunakan laptop tanpa kalian sadari bagian motherboard terutama pada bagian kipas itu menumpuk banyak debu. Hal ini tentu berpengaruh saat panas yang akan dikeluarkan lewat ventilasi terganggu sirkulasinya akarena adanya penumpukan debu sehingga panas yang dikeluarkan tidak maksimal. Dampak paling bahaya adalah overheat yang dapat menjalar ke motherboard dan perangkatnya. Akibatnya hardware disekelilingnya seperti RAM, VGA, CPU/Prosessor akan mengalami penurunan performa. Indikasinya seperti : lag, lemot, hang, dll.

Solusinya : Bersihkan kipas berikut motherboardnya setahun sekali atau dua kali, tergantung keadaan kipasnya.

Catatan : Jangan asal bongkar, bawa ke teman yang ahli atau tempat jasa service laptop.

Kipas Sudah Berumur atau Rusak

Suara berisik kipas laptop juga bisa karena umur kipas yang sudah lama dan terdapat komponen yang rusak jadi ketika berputar menimbulkan suara yang tidak normal. penyebab lain juga bisa terjadi karena pemasangan kipas laptop yang kurang tepat karena teledor.

Solusinya : Segera bergegas ke tempat service terpercaya untuk menggantinya dengan yang lebih baru dan berkualitas. Atau juga bisa dengan menambahkan laptop kalian dengan pendingin ekternal (cooler pad) agar laptop tidak cepat panas.

Thermal Paste Sudah Berumur

Thermal Paste atau thermal compound merupakan cairan kental seperti pasta fungsinya adalah mendinginkan prosessor tapi lebih tepatnya adalah mempercepat pengahntaran panas dari prosessor ke heatsink fan (kipas) . Sehingga meminimalisir ternyadinya overheating.

Solusinya : Lakukan pergantian thermal paste ketika laptop sudah mulai cepat panas , atau ketika melakukan perbersihan rutin.

OS Tidak Sesuai Spesifikasi

Sama halnya seperti motor bebek di posisi gigi 1 atau 2 diajak untuk lari kecepatan 80 km/jam,? Walhasil suaranya kenceng tapi larinya segitu-gitu aja, hasilnya sama seperti Operating Sistem yang  diinstall ke laptop dengan spesifikasi pas-pasan atau spesifikasi minimalnya OS. Apakah bisa running? jawabannya masih bisa, akan tetapi dengan segala keterbatasan yang pastinya akan sangat berat , belum lagi jika diinstal berbagai macam aplikasi yang tentunya akan menambah beban laptop dan hal-hal seperti lag, hang , lemot akan mudah dijumpai kemudian membuat prosessor bekerja lebih keras sehingga menimbulkan panas dan kipas berputar kencang dan berisik.

Solusinya : Instal OS sesuaikan dengan spesifikasi laptop kalian, jangan hanya ingin OS versi terbaru akan mengurangi performa.

Sekian dulu info mengenai penyebab kipas laptop kencang dan berisik, apabila ada kekurangan dan salah penjelasan bisa ditulis dikolom komentar, see you..

6

2 Comments

    1. 1. kemungkinan laptop/fan kemasukan kotoran. coba bersihkan dengan air blower di ventilasi.y (tanpa bongkar casing)

      2. saran saya karena laptop baru mending dibawa ke toko/service senter karena masih garansi. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *